Monday, December 4, 2017


Gerimis yang turun menyejukkan siang setelah kunjungan kami selesai dari Desa Adat Bubohu. Bus kembali bergerak ke utara mengarah ke kota. Rombongan akan melanjutkan perjalanan melihat benteng bersejarah peninggalan Portugis, Benteng Otanaha.  Jarak dari Kota Gorontalo ke Benteng Otanaha kurang lebih sejauh 9 km atau ditempuh dalam waktu 25 menit. Turut serta dalam rombongan, TV Malaysia, Bernama, yang meliput kegiatan Famtrip Gorontalo 2017.


Benteng Otanaha
Benteng Temuan Naha Ota dalam bahasa Gorontalo berarti benteng. Tersebutlah Raja Gorontalo, Raja Ilato,yang mempunyai beberapa anak. Salah satunya, Naha yang konon suka mengembara. Kemudian, Naha menemukan benteng yang oleh penduduk setempat diberi nama sesuai namanya. Ada 2 benteng yang berdekatan letaknya, yaitu Otahia dan Ulupahu. Hia adalah istri dari Naha. Sementara Pahu adalah nama anak mereka. Ulu dalam bahasa setempat bisa diartikan milik dari atau kepunyaan.


Percakapan dengan No'u Gorontalo
Saya sempat bertanya-jawab singkat dengan seorang No’u Gorontalo yang  berprofesi sebagai pemandu wisata. Berikut petikan percakapannya : 


Ulupahu dan Bibir Danau Limboto
Apa kesan para pelancong setelah mereka melihat Otanaha? “Rata-rata mereka terkesima dengan landscape view-nya yang katanya breathtaking. Ada pemandangan Danau Limboto yang indah.  Untuk menuju ke benteng, kita harus melewati anak tangga yang jumlahnya 353 buah. Ada 4 post perhentian. Lelahnya terbayar begitu sampai diatas dengan pemandangan yang indah. Tapi jika tak kuat naik, bisa lewat jalan biasa dengan kendaraan kok". 

300-an Anak Tangga
Kapan waktu yang paling baik mengunjungi Otanaha? Ada yang jual souvenir disekitar benteng? “Disarankan kunjungi Otanaha sore hari, selain tidak panas, melihat sunset sangat indah dari sini.  Fotographer ataupun turis biasanya datang ke sini senja. Untuk toko souvenir tidak tersedia, hanya ada di kota”. 

Apa yang harus diperbaiki atau ditingkatkan untuk objek wisata dari tiga benteng tersebut? “Kebersihan, penataan tempat, pelestarian Danau Limboto dari eceng gondok dan pendangkalan. Dan yang lebih penting lagi, perawatan dan perlindungan terhadap benteng dan habitat burung-burung sekitarnya dari  pengaruh buruk manusia”.


Papan Informasi untuk 3 Buah Benteng
Apa yang unik dari benteng Otanaha?
“Yang khas dari struktur Otanaha adalah batu-batuan karang yang tersusun direkatkan dengan putih telur burung Maleo, salah satu species endemik yang terancam punah, selain itu benteng ini memang terbuka bagian atasnya”

Berapa biaya masuk ke Benteng dan kendaraan umum yang bisa dipakai menuju Benteng? 
"Untuk masuk ke benteng hanya membayar 5 ribu rupiah. Kendaraan umum yang paling mudah yaitu Bentor. Dari kota menuju benteng bisa membayar 10 ribu rupiah saja. Pintar-pintar saja me-nego". 

Apa anak-anak muda Gorontalo suka mengunjungi Benteng Otanaha?"Rata-rata anak muda Gorontalo memang suka berwisata ke alam terbuka. Selain ke pantai, mereka suka datang ke Benteng dan perbukitan. Benteng Otanaha ini adalah spot untuk mengambil foto yang keren dan instagrammable apalagi saat sore. Jepret, jepret langsung masuk deh ke instagram mereka".  Like !



Gambar Atas : Kru TV Malaysia, Bernama, Sedang Melakukan Recording
Gambar Tengah : Ibu Ivone Wungguli, Dari Dinas Pariwisata dan Penyambutan Tarian Longgo-Seni Bela Diri Gorontalo
Gambar Bawah : Rombongan ASITA






1 comment:

Powered by Blogger.

Follow me on FaceBook

About Me

My photo
Hello, Nama Saya Belly Rahmon or Bellmon. Website ini adalah platform saya menyalurkan hobby menulis dan menjelajah minat saya dalam berbagai Hal. Im looking for a good trip to view and meet splendid places and fab people.

Popular Posts

Recent Posts