Friday, December 1, 2017


“Pikilangiya wawu turusi karajayi wolo u oto bilanto wawu lato syukuruwa waliliyo”


Tiga cuaca

Uti Uet, pemandu kami bilang, ada 3 jenis cuaca di Gorontalo. Hujan, panas, dan panas banget. Saya terkekeh bersama peserta lain didalam bus. Saya pikir akan ada musim buah-buahan untuk jenis cuaca ketiga, atau itu hanya ice-breaking cara si Uti menyapa kami.  Bersama dengan rombongan dari ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies), saya diundang oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Propinsi Gorontalo dalam acara Famtrip Gorontalo yang pertama. Acara kunjungan 5 hari ini bertujuan mempromosikan pariwisata Gorontalo secara nasional dan global.

Famtrip Gorontalo Pertama :  Desa Adat Bubohu
Foto oleh Febrian ASITA Gorontalo

Kecamatan Tanjung Keramat; Koloni Pesisir

Agenda dimulai pada hari yang terasa nyaman, Sabtu 25 November 2017.  Bus meninggalkan tempat menginap di Hotel Grand-Q menuju selatan sejauh 9 km, berkelak-kelok mengikuti alur bukit dan menyisir pemandangan pantai. Di tempat bermuaranya Sungai Bone yang bertemu dengan air asin Teluk Tomini, rumah-rumah penduduk beratap seng berbaris membentuk koloni pesisir. Saya sudah tak sabar menyaksikan hal-hal menarik dan menuliskannya dalam rangkaian kata membentuk kalimat. Mari Jo.

Kunjungan  ke Desa Adat Bubohu

Alunan suara  nasyid, musik religius islami, terdengar sayup saat turun dari bis. Saya memasuki taman wisata religius desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo yang dirawat sebagai  desa adat dimana tempat ini juga menjadi pesantren alam. 

Lambang Kerajaan
Gorontalo seperti yang kita kenal adalah salah satu pusat penyebaran Islam di wilayah timur Indonesia. Agama dan budaya berinteraksi  menghasilkan anyaman pembauran. Kerajaan Bubohu yang sudah ada sejak tahun 1750 menjadi pusat akulturasi budaya dan religi di wilayah Bongo dan sekitarnya. Kini, Desa Bongo juga dikenal dengan nama Desa Adat Bubohu.

Merawat tradisi sangatlah penting. Seperti halnya  ‘Walima’ yang merupakan acara peringatan maulid atau hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang dirayakan meriah di desa Bubohu. Penduduk membuat kue ‘Kolombengi’ yang bersusun seperti kubah masjid atau mirip bonggol jagung. Lalu Walima diarak beramai-ramai menuju masjid sambil penduduk berzikir dan melantunkan doa-doa. Tradisi ini sudah ada sejak masa Sultan Amay dan sampai kini menjadi daya tarik wisata yang dipelihara oleh penduduk dan pemerintah Gorontalo. Datanglah ke Bubohu pada Hari Maulid Nabi untuk bisa menikmati tradisi meriah ini.


Anak-Anak Santri

Wambohe dan Para Santri yang Bergaya
Anak-anak santri bermain sambil belajar di teduhnya pepohonan, ditemani segarnya kolam air jernih dan  burung-burung yang berterbangan. Empat buah ‘Wambohe’ rumah khas Gorontalo berjejer menghadap kolam menjadi tempat mereka belajar agama dan sejarah Gorontalo. Dibagian bawah seperti bale-bale yang terbuka terdapat foto-foto kegiatan masyarakat Bubohu dan rangkaian kata mutiara dalam bahasa daerah setempat.

Kalimat yang memberi semangat pada generasi muda Gorontalo itu berbunyi “Pikilangiya wawu turusi karajayi wolo u oto bilanto wawu lato syukuruwa waliliyo” yang artinya “Pikirkan dan terus kerjakan apa yang kita inginkan dan nikmati serta syukuri hasilnya”. 

Sungguh Bijak!


Pesantren Alam Nan Asri
Gerbang Depan : Miniatur Walima dengan Kue Kolombengi









4 comments:

  1. Wah seru sekali ternyata begini ya ,emang indonesia is so rich culture

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mas, tradisi walima itu Kalona diyogya Ada juga ,gunungan namanya

      Delete
  2. Seru yah dapat melihat indahnya alam disertai dengan perpaduan budaya yang sangat arif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mas Achmad, jalan-jalan sambil nulis juga seru, ayo join trip

      Delete

Powered by Blogger.

Follow me on FaceBook

About Me

My photo
Hello, Nama Saya Belly Rahmon or Bellmon. Website ini adalah platform saya menyalurkan hobby menulis dan menjelajah minat saya dalam berbagai Hal. Im looking for a good trip to view and meet splendid places and fab people.

Popular Posts

Recent Posts