Tuesday, December 19, 2017

Warna-Warni Karnaval Karawo
Pembukaan Festival Karawo 2017    
                           
Pada Famtrip Gorontalo 2017, saya sangat beruntung berkenalan lebih dekat dengan alam dan budaya Gorontalo yang indah dan memesona. Propinsi yang usianya baru 17 tahun ini , bagaikan remaja kekinian yang bersolek dan mempromosikan diri agar lebih dikenal wisatawan nusantara dan mancanegara. Salah satu upaya promosi tersebut dilakukan melalui Karnaval Karawo 2017, sebuah parade peragaan busana dengan mengedepankan seni kerajinan sulaman khas  Gorontalo, Karawo.

Hujan Berhenti , Kupu-Kupu dan Burung Menari

Seperti berkah, rintik-rintik manja sang hujan menemani jelang pembukaan festival. Selepas Paduan Suara UNG menggelegarkan suara mereka diatas pentas,  acara pun resmi dibuka oleh Bapak Gubernur Propinsi Gorontalo, Drs. H. Rusli Habibie dan Bapak Kepala Perwakilan Bank Indonesia, H Suryono SE MM . Bentangan red carpet jadi tempat laluan model-model bertubuh jangkung, para Uti dan Nou Gorontalo. Saya selalu heran dengan model, mengapa tubuh mereka begitu menjulang dengan kaki-kaki yang panjang. Jadi kalau berfoto didekat mereka, terlihat seperti dwarf , hehe.  Ada sekitar 40 kontingen dari pemerintah dan swasta. Bahkan juga peserta dari luar Gorontalo. Ratusan model yang mewakili kontingen berjalan sejauh 1.6 km dari depan rumah dinas gubernur dan berakhir di depan Gedung Bank Indonesia. Stamina yang hebat mengenakan busana yang berat. 

Empat (4) Warna Gorontalo

Seolah menjadi selebrasi pesona alam dan budaya Gorontalo, tema Birds and Butterfly yang diambil panitia penyelenggara saya rasa sangat pas mewakili Karnaval Karawo 2017. Pakaian warna-warni yang diperagakan tetap dengan menyertakan ornamen sulaman Karawo. Burung Maleo menjadi pembuka peragaan busana yang dibawakan oleh model cantik Gorontalo, menyusul warna-warni lainnya yang mengusung kekhasan Gorontalo. Ada juga motif Whale Shark, Benteng Otanaha, burung-burung migran yang kerap melewati udara Gorontalo, kupu-kupu aneka warna, dan masih banyak lagi. Empat warna yang menjadi kebanggaan Gorontalo membuat saya jatuh cinta pada tempat ini sejak pada hari pertama saya tiba di Holuntalo. Hijau sebagai lambang kesuburan, Kuning sebagai tanda kesetiaan, merah sebagai lambang keberanian, dan ungu tanda kewibawaan. Semua warna favorit saya ada di Gorontalo. 

Kenalan Dengan Karawo
Penasarankan dengan bagaimana keunikan Sulaman Karawo, sulaman khas budaya Gorontalo, Simak tulisan saya selanjutnya Yah. Saya akan bahas lebih detil supaya kita lebih kenal dengan Karawo. Lebih kenal maka Lebih Sayang, betul kan.
UNG Choir di Pembukaan Karnaval Karawo

Add caption

Pembukaan oleh Bapak Gubernur dan Kepala BI


















0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Follow me on FaceBook

About Me

My photo
Hello, Nama Saya Belly Rahmon or Bellmon. Website ini adalah platform saya menyalurkan hobby menulis dan menjelajah minat saya dalam berbagai Hal. Im looking for a good trip to view and meet splendid places and fab people.

Popular Posts

Recent Posts